Hal yang dapat kalian lihat dan jumpai di bulan Puasa


- Ramadhan yang Indah -


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang dimana pada waktu satu bulan penuh di wajibkan berpuasa untuk agama Islam. 

nahh, dalam bulan Puasa ini kalian bakal dapat melihat hal yang asik yang hanya kalian dapatkan di bulan Suci Ramadhan ini. yang mungkin pernah kalian lakukan pada waktu kecil atau sesudah kecil yang pastinya seru.

1. Sahur dan Petasan

 Dimana pada waktu sahur kalian akan makan pada waktu subuh hari, bersama keluarga dan sendiri untuk anak kost atau yang sedang jomblo hihi. itu asik brayy, belum lagi setelah kalian dengar petesan yang di mainkan oleh anak kampung yang bisa kaget membuat suappan nasi kalian terhambur dilantai-lantai gara-gara tu petesan. 

2. Nunggu Imsak

 Biasanya setelah Sahur kalian sembari menunggu imsak kalian akan melakukan kegiatan seperti nonton TV, Rebahan sambil megang hp sambil stalking sosmed mantan, setelah bunyi imsak datang biasanya buru-buru lari kedapur dan ngambil air putih segalon untuk di minum, jika tidak ada air putih air keran pun jadi. udah selesai minum air keran selanjutnya kita pergi ke musholla untuk menjalankan kewajiban bagi umat muslim.

3. Tidur atau Jalan-jalan

Biasanya setelah selesai shalat Subuh orang-orang atau anak-anak akan mengadakan jalan-jalan Pagi bersama teman-teman sesamanya, dan ini adalah hal yang familiar pada saat awal bulan puasa dan di akhir puasa biasanya orang-orang memilih tidur setelah sholat subuh.

4. Main bola Api

nahh, kalo masalah main bola api ini pernah gue lakuin waktu gue kecil diamana biji pinang yang bulat itu gue ambil tapi yang kering yang jatuh dari tanah bukan dari pohonnya langsung, karena waktu itu rumah nenek gue dekat dengan hutan kecil yang sering di sebut orang sana dengan nama darat.disitu lah gue cari biji pinang itu bersama geng kampung gue. cara bikinnya adalah :
-  Pertama tama cari lah buah pinang kecil yang kering secukupnya.
- Setelah itu buka kulit pinaang tersebut, maka akan ada serabut seperti kelapa dan serabut itu kita tarik-tari sampai kusut dan mengembang.
-  Sediakan minyak tanah secukupnya, mungkin cukupnya setengah aqua gelas. dan siapkan juga korek api.
-  Setelah selesai mengkuliti buah pinang, campur lah buah pinag dengan minyak tanah dan bakar, maka api akan langsung menyala. dan silahkan tendang bola api tersebut dengan kaki telanjang, tapi boleh juag menggunakan sandal. hehe

PERHATIAN!! : jika ingin mencoba bola api ini kalian harus memiliki lapangan yang luas dan jauh dari rumah masyarakat, dan jika sudah selesai bermain padamkan saja apinya dengan air atau apa saja agar api itu padam. dan tidak boleh di coba oleh anak-anak yang tidak bertanggung jawab dan di bawah umur.


5. Pasar Wadai (Pasar Kue khas Banjarmasin)

Ini yang sering orang kunjungi pada saat bulan puasa tiba, dimana disini bakal ada macam-macam wadai (Kue) khas Banjarmasin serta lauk pauknya. biasanya pasar ini selalu rame di kunjungi orang sembari menunggu bedug berbuka puasa. jumlah stand/ jajaan yang di sediakan panitia berpuluh-puluh stand yang dapat kalian temui. dan biasanya kalo waktu malam mau tutup itu harganya 50% menjadi murah. jika pengen tau semua tentang pasar wadai silahkan mampir sambil beli-beli ya.


- Peresmian Pasar wadai 2015 oleh gubernur Kalsel - (foto by Adittya Regas)

6. Tanglong

Ini ngga kalah seru sama pasar wadai, sebut saja "Tanglong", Tanglong adalah Pawai para warga dengan menggunakan mobil atau yang sejenisnya untuk merayakan telah selesainya bulan ramadhan biasanya ini acara akan di adakan terakhir bulan ramadhan. dan bagi peserta di persilahkan berkreasi atau berkarya utnuk memperindah mobilnya, biasanya menggunakan kertas minyak yang di bentuk seperti mesjid orang mengaji dan lain lain yang berbau ke islaman.



nahh yang tadi sekilas kegiatan yang dapat kalian lihat dan jumpai di bukan suci Ramadhan, jika ada yang kurang di persilahkan menambahkannya di kolom komen dibawah. Semoga puasa yang kita jalankan Tunai satu bulan penuh, Aminnn.



2 komentar:

  1. Semua point-point diatas sering saya jumpai apalagi petasan uhh anak-anak disini pada main itu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaahh gitu deh namanya juga anak-anak -_-

      Hapus

 

Pengikut