Madihin Kesenian Khas Banjarmasin yang Terkenal


Pemain Madihin yang Terkenal di Banjarmasin Bapak Jhon Tralala (Foto By Enal Anel)

 Apakah kalian sudah tahu apa itu MADIHIN

Nahhh jika ada yang tidak tahu saya bisa menjelaskannya sedikit biar menambah wawasan kalian tentang seni di Banjarmasin. bagi yang sudah tahu bisa juga baca atau lihat artikel ini.

Madihin berawal dari kata Madah yang artinya adalah Pujian atau Nasihat yang di ambil dari bahasa Arab, Seni madihan adalah Seni Sastra Tradisi / Sastra Lisan oleh masyarakat KalSel dijadikan kesenian khas daerah. Madihin berisi syair dan pantun yang di nyayikan dan juga berisi nasihat-nasihat di bumbui dengan Humor yang Segar. Selalu di suka penonton pada saat tampil dan dapat mengikuti selera perkembangan zaman.




Fungsi Madihin Dahulu dan Sekarang.

-Fungsi Madihin Dahulu, untuk menghibur raja-raja atau pejabat, isi syair dan pantun berisi pujian-pujian sang raja dan pejabat istana/kerajaan. dan juga Sebagai Hiburan bagi rakyat pada waktu tertentu seperti mengisi hiburan sehabis panen, perkawinan dan sunatan.

- Fungsi Madihin Sekarang, Hiburan bagi masyarakat pengisi acara tertentu seperti, perkawinan, khitanan, peringatan hari-hari besar dan Nasional, seperti 17 Agustus, Maulid Nabi Muhammad SAW, Pendidikan, Kesehatan dan lain-lain.

 Baru-baru ini Madihin tampil di acara dangdut terkenal Indosiar yaitu Dangdut Academy 2, dan di Dangdut Academy 2 ada 2 kontestan yang mewakili Banjarmasin. yang bernama Endah 23 tahun dan Rita 16 tahun yang masih bertahan adalah Endah dan sekaligus harapan Banjarmasin satu-satunya. dan dalam 10 Besar kemarin ada hiburan dari Jhon Tralala yang membawakan Kesenian Banjarmasin yang dapat menghibur Juri dan juga Penonton. ini dia Videonya.



Sebelumnya Madihin Sudah Tampil di Negara Malaysia dan Brunei Darrusalam, dan semoga saja madihin bisa mendunia.

Lestarikan dan simpan lah Budaya Banjarmasin, kalo bukan kita siapa lagi..



10 komentar:

  1. Huiih gue baru tau seni madihan itu dari kalsel. Kereeen .__.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa Dari Kalsel biasanya sih ada di kota Banjarmasin juga, kalo madihin udah kenal?

      Hapus
  2. Kalau si Sumatera Barat kesenian ini namanya "Shalawat dulang"
    (karena nama alatnya di sumatera barat adalah dulang)

    Isinya puji2an sama nasehat2 sama diselingi humor juga, pake nada lagu tertentu
    biasanya sih pas hari-hari besar islam baru ditampilin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh ada juga ya di sumatra barat baru tau nih, (nambah wawasan) tapi namanya beda ya, tapi isinyanya sama tentang nasihat dan pujian

      Hapus
  3. wah iya nih gue nonton yang di dangdut academy 2

    itu keren banget. menghibur
    ikut bangga sama budaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang keren ya budaya Indonesia hehe

      Hapus
  4. aku baru denger yang namanya kesenian madihin. pas pertama baca kenapa jdnya mahidin ya?

    BalasHapus
  5. Mungkin Syair yang berisi Nasihat dan Pujian maka di ambillah nama dari bahasa Arab yaitu Madihin

    BalasHapus
  6. Ah.. Satu lagi budaya yang aku ngga tau sama sekali.. Ternyata keren banget! :D

    BalasHapus
  7. iyaa ini juga keren dan ada lucu-lucuan juga hehehe

    BalasHapus

 

Pengikut