Kartini Modern!



ini artikel sebelumnya di ikutkan lomba artikel kartini modern, karena tidak juara hiks, ya gue masukan ke blog ini. walaupun hari kartini udah lewat hihi.

Sosok seorang Kartini identik dengan emansipasi wanita dimana tujuannya meninggikan drajat para wanita pada zaman itu, bahwa wanita tidak untuk di rendahkan tapi di sama ratakan dengan laki-laki bahwa laki-laki dan wanita itu sama derajatnya akan tetapi memiliki kelebihannya masing-masing. Seorang wanita priyayi Jawa yang memiliki pemikiran maju di masanya yang kemudian diangkat namanya menjadi penggerak emansipasi wanita Indonesia, berkat surat-surat korespondenya pada sahabat Belandanya yang kemudian di ankat menjadi sebuah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Selain buku, lagu wajib nasionalnya pun ada yang judulnya Ibu Kita Kartini.

Jika Karitini yang dulu seperti itu bagaimana Kartini masa kini yang sering disebut Kartini Modern? Kira-kira sosok wanita seperti apa sih yang pantas disebut sebaai Kartini modern. Aku ambil satu contoh profesi dari ratusan profesi yang bisa disebut sebagai Kartini Modern, yaitu Seorang Penari menurutku penari bisa disebut Kartini modern, Kenapa?

1. Melestarikan Budaya
Melalui Tari seorang Penari melestarikan salah satu budaya Indonesia, yang mungkin peminatnya sedikit dan mereka bisa memperlihatkan keindahan budaya yang ada di Indonesia melalui sebuah Tarian.

2. Berani Tampil
seorang penari pun bisa di bilang pemberani, mereka berani tampil di atas panggung yang di saksikan dari beberapa pasang mata yang melihatnya kalo salah dalam tarian pun mereka siap menanggungnya.

3. Kuat
setiap hari mereka latihan hanya untuk penampilan di atas panggung, pastinya latihan setiap hari itu sangat melelahkan belum lagi kendala-kendala yang mereka lalui saat latihan itu lah yang membuat mereka kuat untuk penampilan yang sukses, tak salah kalo penari bisa juga di sebut Kartini Modern.

4. Berprilaku Baik
Dari senyuman yang tulus serta manis dan gerakkan yang lemah lembut dari seorang penari bisa saja di gambarkan mereka berperikelakuan baik, seorang kartini modern harus berprilaku baik serta sopan santun kepada orang lain.

5. Inspiratif

Sebagian orang menganggap, untuk bisa dikatakan inspiratif, seseorang harus menginspirasi banyak orang. Namun nyatanya, tidak perlu menginspirasi banyak orang untuk bisa dikatakan sebagai wanita yang inspiratif. Bahkan jika seorang wanita sudah bisa menginspirasi orang-orang terdekat seperti keluarga, wanita tersebut sudah pantas dikatakan sebagai sosok wanita yang inspiratif. Penari pun bisa jadi sosok Inspiratif itu.
Nahh, itu contoh dari seorang penari yang bisa disebut kartini modern sebenarnya masih banyak yang bisa di sebut kartini modern seperti Kartini dalam dunia pendidikan, Kartini dalam dunia kesehatan, Kartini dalam dunia kebersihan, Kartini dalam dunia Seni, Kartini dalam dunia kehidupan, Kartini dalam Dunia Olahraga dan Kartini dalam Dunia Usaha. Masih banyak lagi kartini-kartini di luar sana yang mencakup kriteria di atas tadi. Apa kalian sudah mempunyai kreteria berikut?

Mungkin memang R.A Kartini sudah tidak ada, akan tetapi bukan berarti jasanya telah hilang, jasanya masih tetap terlihat di sekitar kita, perjuangannya masih terlihat di mata kita, semua wanita terus berjuang untuk negeri kita tercinta Indonesia.  Ada qoute dari seorang R.A Kartini bahwa kita harus….

“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.” -R.A. Kartini-


Sebagai penutup Artikel ini, aku mengucapkan selamat hari Kartini  kedapa seluruh wanita-wanita hebat yang ada di Indonesia, semoga kalian bisa menjadi inspirasi wanita-wanita yang akan datang nantinya.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut