Motret Wedding sendirian untuk pertama kalinya!




Pertama kali motret wedding sendirian, Emmmm… ya sendiri. Biasanya kalo ada acara wedding gue hanya ikut numpang dengan teman komunitas Photography Conceptual Cinematography Banjarmasin (PCC Bjm) itu pun jadi asst. Photography yang tugasnya bantu-bantu pasang lighting, mengarahkan orang yang mau foto sama pengantin dan ngabisin makanannya pengatin. Jika motret itupun jarang walaupun ada itu pun hanya sebentar, maklum masih belajar.


kring...kringg!!  Hand phone berbunyi dapat pesan bahwa ada job wedding dari temannya teman gue tapi gue motretnya hanya sendirian karena teman gue lagi jalan-jalan ke Yogjakarta, tak berpikir panjang gue ambil job tersebut karena lagi kere-kerenya saat itu. tidak di sangka job itu pun datang kepada gue dengan sendirinya, mungkin ini rejeki anak abah dan mama yang baik dan soleh, itu asal mula gue mendapatkan job dan disinilah peran teman yang baik. makanya yang banyak punya teman rejeki pun juga akan banyak.

 Hari minggu gue eksekusi, jam 8 pagi gue sudah ada di tempat pengantin, harusnya lebih pagi dari pada itu karena ada masalah sedikit jadi telat. Di depan serobong pengantin gue berdiri, tiba-tiba ada seorang laki-laki berpakaian batik menghampiri berjabat tangan sambil mempersilahkan gue masuk. Awalnya ragu dan sedikit canggung kepada keluarga pengatin tapi semua itu gue hilagkan dari pikiran dan mencoba melakukan pendekatan kepada keluarga. Bicara soal pendekatan terhadap keluarga pengantin gue jadi ingat kata-kata bang Misbah (owner poetrafoto profesional foto wedding) waktu ada di Banjarmasin, “PDKT sangat penting pada saat memotret foto wedding, agar keluarga bisa nyaman kepada kita dan kita bisa mendapatkan mood pengantin yang bagus dan keluarga yang bagus pada saat kita memotret.” intinya sama-sama nyaman, kita nyaman clien juga nyaman kan Enak.

Sambil mempersiapkan peralatan kamera,  gue mencari dimana si panganten pria berada, gue tanya sama keluarganya yang kebetulan lewat di depan gue. “pak, pengantin yang lakinya mana?” gue tanya bingung.  “nahh belum tedapat ja kh lagi lawan lakiannya?”(nah belum ketemu ya sama mempelai prianya?) kata om nya terkejut. Gue pun dibawa ke posisi pengatin pria berada. Gue pun terkejut dan bercampur malu, ternyata laki-laki yang jemput gue di depan yang makai baju batik adalah pengatin priannya. Dari sini gue belajar, jika ingin tahu sesuatu observasi dulu dan jika tidak tahu baru nanya. disini kesalahan gue yang nanya dulu tanpa mencari tahunya terlebih dahulu. Ok!!



untuk menghilangkan rasa malu gue pun tertawa dan perlahan menjauh dari pengantin, semakin menjauh, semakin menjauh dan tertidur. ahh lebay lo mi. Ane siap, kamera di tangan, lighting ok, baju gue juga sip, rambut sisir dikit, cium ketek agak bau dikit ah ngga masalah ngga keciuman juga hehe.
Jam sudah menunjukan pukul 10, jam-jam segini lah para tamu dan undangan mulai berfoto, gue pun mulai sibuk. Sebelum motret akan lebih baik atur dulu pengaturan kamera dan jepret-jepret sedikit sebagai percobaan, jika pengaturan di rasa pas bersiaplah untuk bertempur. Jangan lupa lighting harus dijaga. walaupun sudah siap ngga ada salahnya untuk mencoba lagi.



cukup lama gue motret, gue lihat jam ngga kerasa udah hampir jam 12 lewat dan waktunya udah mau pulang dan acara mau selesai juga, gue lihat hasil foto dulu sebelum pulang kalo di rasa masih kurang bisa foto shoot lagi dengan kedua pengatin, untuk pose gue biasanya cari refersensi di google biar ngga bingun pada saat motretnya paling tidak ada bayangan sedikit lah tentang pose-pose yang lumayan wahhh!! Jangan lupa juga ajak pengantin bercanda biar suasana ngga terlalu tegang dan moodnya pun bisa dapat.

gue rasa fotonya udah cukup bagus, gue pun bersiap-siap untuk pulang dan melanjutkan kegiatan selanjutnya. (maklum anak sok sibuk). Jam 2 pulang sebelum pulang pamitan sama keluarga dan pengantin biar di kasih sesangu buat di rumah.

ternyata motret wedding sendirian cukup menantang bagi gue walaupun terasa kesepian tapi gue enjoy aja.  Tapi dari sini lah gue banyak belajar bagaimana sih motret yang baik dan benar serta bagaimana cara membuat mood pengantin bisa bagus, gue rasa gue belum berhasil memberikan pelayanan yang terbaik dan foto yang sangat memuaskan untuk clien dari sini gue memulai dan belajar untuk menjadi Photographer yang mungkin akan menjadi Photographer Profesional yang memiliki banyak job, untuk menggapai itu gue harus berusaha dan tidak malas untuk belajar dan terus belajar.




sedikit promo nih yang mau makai jasa Foto silahkan hubungi aja sosmed Line ini @khaivengeance atau @mhmmdazmiarif. segala macam acara kami siap membantu mengabadikannya dengan semaksimal mungkin. follow ig @khai.creative.


16 komentar:

  1. wah wah keren nih foto-fotonya.
    kalo foto buat wedding gitu ada kesuliatn khusus gak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kesulitannya sih pendekatan sama keluarga yang pengantin dan kalo kalian mau motret wedding tanpa referensi pose itu sangat susah, bisa-bisa fotonya cuma foto kaya ktp hehe

      Hapus
  2. Wah.. sendirian.. yang agak susah itu kayaknya mencairkan suasana.. pendekatan sama keluarga.. dah.. bingung cari topik pembicaraan..

    Alhamdulillah.. berakhir dengan indah ya... Heleh :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh bener banger Rum, itu yang bikin susah apalagi pengantinnya bendiam tambah susah lagi lahh

      mungkin di iringi doa dan usaha, semuanya berakhir bagus hehe

      Hapus
  3. tuh pas pengantin cowoknya salaman sama tamu cewek yg baju biru, si pengantin ceweknya cemberut aja tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha cemburu ama cewe lain mungkin mass wkwk

      Hapus
  4. Buahahaahhaha, Alhamdulillah rezeki anak mama abah :')

    Kdpapa ka sendirian memotretnya, asal kena amun jadi pengantin kada sorangan :P :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha anak Soleh :D

      nahhh amun serongan kada am, amun kawin tu harus ada pasangannya pang lah hihi

      Hapus
  5. Alhamdulillah rezeki emang nggak kemana ya, Azmi :D
    Gue malah salah fokus ke wajah si ibu-ibu berkerudung Leopard di foto terakhir hahahahah.

    BalasHapus
  6. iyaa, kalo kemana-mana susah nyarinya mbaa -_-

    hahahaha itu ibunya kaget liat cahaya flash, jadinya gitu deh mukanya

    BalasHapus
  7. bagus dong mi kalau sendirian, jadi lo ga tergantung sama temen lo, kalo sendiri gitu ya mau ga mau lo dipaksa untuk supel. ini pake kit ya mi? apa blm lo color grading in {bener ga ni istilahnya?) haha sotoy banget dah gue. tapi kalo menurut gue sih kalo ngomong soal alat, lensa salah satu hal yaang berperan penting juga lho

    BalasHapus
  8. tapi sedihnya pada saat sendiri ngga punya teman becandaan yang membuat mood lu naik, itu yang penting menurut gue, tapi kalo yang di foto asik ngga masalah kalo sendiri hehe apalagi yang di foto cantik wkwk

    iya pake kit ky, lo lumayan tahu banyak juga ya tentang photography, bisa nih di ajak hunting bareng hehe

    BalasHapus
  9. wah kalau futu futu sendirian gak asyik om, asyiknya harus ada asisten biar bisa buat manage peralatan dan scheduling untuk pengambilan gambar. Belum lagi kadang pas foto foto ada aja tamu yang minta fotokan lewat smartphone-nya. jadi saran ane cari asisten tuh kalau ada pre-wed lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh bener banget bro, lo harus punya asisten, atlest 1 orang udah cukup buat bantu biar ngga repot sendiri. belum lagi yang mau minta foto pake Hp.

      Hapus
    2. Emang bener ya bang.
      Rezeki itu enggak akan kemana. Apalagi kalau kitanya anak sholeh kayak abang (?)
      Udah gitu yang buat lebih enak lagi, ini hobby yang dibayar. Beuh siapa yang gak mau kan ya.
      Gue juga tertarik sama dunia fotografi sih. Ada saran untuk pemula macem gue bang?

      Hapus
    3. hahaha anak solehnya kok tanda tanya yaa wkwk makanya jadi lah anak soleh biar rezeki bisa datang banyak.

      untuk terjun ke dunia Fotografi lo harus mempunyai niat dan yang pastinya juga mempunyai kamera, sharing lah tentang fotografi ke teman2 lo yang ahli, perbanyak lah jam terbang motret dan lihat lah referensi foto-foto yang ada di web foto.

      Hapus

 

Pengikut