Tempat Wisata Kalsel yang membuat kita segar dan basah karena sungai


Libur telah tiba…. Libur telah tiba…. Hati ku gembira!!!
begitu lah lagu yang kita nyanyikan waktu kecil pada saat liburan yang panjang telah tiba, emang liburan yang panjang sangat di tunggu banyak orang selain bisa meninggalkan sekolah perkuliahan atau pekerjaan yang selama ini selalu kalian lewati dan liburan lah waktunya untuk bersenang-senang bersama bersama sanak (keluarga) saudara atau orang yang tercinta. Setiap orang biasanya kalo liburan maunya jalan-jalan sambil refresing dengan menikmati alam yang indah, suasana yang seru dan bisa menambah pengetahuan tentang wisata-wisata yang ada di Indonesia. Kebanyakan orang bingung pada saat liburan maunya kemana, setelah mikir lama eh, ngga taunya liburannya udah kelar. Nahh, oleh karena itu lah ulun (saya) akan memberikan Destinasi Wisata Kalsel yang harus kalian datangi. Selain harganya yang terjangkau murah tapi hasil yang di dapat tak murahan. Wisata ini sudah banyak orang yang tahu mulai dari artis serta pejabat-pejabat dari luar jika berkunjung ke KalSel harus berkunjung ke Wisata ini. Wisata itu adalah...

1. PASAR TERAPUNG

 Pasar Terapung adalah pasar yang terletak di tengah-tengah sungai dimana semua orang yang berjualan dan membeli harus menggunakan Jukung (Perahu) jika ingin berinteraksi. Inilah yang membuat unik dan menarik dari pasar terapung jika di bandingkan dengan pasar lainnya serta harganya pung tidak terlalu mahal bisa saja di korting-korting (tawar menawar), jika kalian hebat menawar pasti akan mendapatkan harga yang sangat murah.     


Untuk pergi kesana kita harus menyiapkan Kelotok (Perahu beratap) terlebih dahulu, kelotok bisa kalian temukan di pinggiran sungai martapura setelah ketemua bisa janjian dengan paman kelotoknya untuk menentukan tempat dimana awal startnya untuk pergi ke Floating market Lok Bainten. Tapi kita di anjurkan untuk bangun subuh untuk memulai berangkat ke Pasar Terapung Lok Baniten di karenakan perjalannya yang cukup jauh dan pasar terapung hanya ada di pagi hari, jika kesianganan maka pasar terapungnya terlihat sepi bisa-bisa tidak ada kegiatan jual beli lagi kalo kesiangan.

2. Pulau Kembang
foto (www.jalanjalanyuk.com)
Setelah sudah puas dan selesai jalan-jalan ke pasar terapung, kalian bisa langsung berkunjung ke Pulau Kembang. Pulau Kembang merupakan habitat bagi kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung.

Jika kalian sudah berada di Dermaga Pulau kembang jangan heran bahkan takut kalau warik (monyet) tersebut langsung menghampiri kalian, yang harus anda lakukan kalau monyet menghampiri hanya mengamankan barang-barang berharga yang ada di sekitar anda, jika ada makanan pisang, kacang dan yang lainnya bisa kasih aja langsung ke monyetnya, monyetnya kalo di kasih makan bisa jinak lo, apalagi yang ngasihnya cewe.

untuk para wisatawan di himbau untuk tidak membawa barang berharga jika ke pulau kembang karena bisa-bisa barang kalian di ambil oleh monyet-monyet yang nakal. Kera-kera di kawasan  ini yang berjumlah ribuan, yang tampak di depan dermaga hanya beberapa, jika kalian masuk lagi kedalam hutan kalian pasti akan melihat monyet dari yang kecil hingga yang paling besar. setiap monyet memiliki kawasan tertentu.Jika ada yang memasuki kawasannya pasti akan terjadi perkelahian antar monyet yang memasuki kawasan.



3. SOTO BANJAR 
Pastinya lelah habis jalan-jalan dari pasar terapung hingga Pulau kembang, pastinya juga lapar kan, nahh! Waktunya kita makan-makan Soto Banjar,susananya masih di sungai, Banjarmasin terkenal dengan seribu sungai dan sungai pun ada dimana-mana. Di soto banjar bang Amat kalian bisa merasakan wisata kuliner soto banjar sambil menikmati alunan musik panting. Pertunjukkan musik panting ini disuguhkan.Selain itu kesejukan angin sungai yang dapat kalian rasakan saat menyantap makanan sangat lah segar.
Foto (www.makanmakan.com)
foto (www.catatanruslan.com)
Soto Banjar adalah menu utama yang ditawarkan di warung tersebut. Menurut dia, warung soto bang amat menyediakan dua macam menu soto, yakni nasi Sup dan Soto Banjar. Dua menu itu sebetulnya memakai kuah dan racikan bumbu yang sama. Hanya saja, menu nasi sup memakai nasi sebagai campuran kuah soto. Adapun Soto Banjar memakai ketupat sebagai campuran. Dan bisa saja kalian padukan dengan tambahan beberapa tusuk sate ayam yang pastinya maknyuss!!


4. BUAH TANGAN

Tempat wisata sudah, wisata kuliner sudah, tinggal satu lagi ya itu oleh-oleh dari Kalimantan Selatan. Oleh-olehnya cukup banyak macamnya seperti kain sasirangan, boneka bekantan, kuriding (alat musik), wadai khas banjar, Baju kaos banjar, hasil foto-foto saat berkunjung ke tempat wisata dan banyak yang lainnya.

Udah selesai jalan-jalannya? Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang harus di kunjungi tapi kayaknya ngga bisa sekaligus deh, mungkin bisa berkunjung di lain waktu dan liburan panjang selanjutnya dan jangan lupa pakai untuk pergi ke luar daerah gunakan Garuda Indonesia, pasti aman dan nyaman.

sampai jumpa di Kalimantan Selatan Dangsanak ku seberataan. jangan kada ingat Destinasi wisata Kalsel.

ikut lomba :
lomba blog wisata kalsel

17 komentar:

  1. Balasan
    1. Umpati Kena mapnya tuh lah supaya kada sasat hihi

      Hapus
    2. Petanya peta azmi, lidya meng-guide-kan pulang. Sip.

      Hapus
    3. nahhh mantap banar tu apalagi geratis pulang heh haha

      Hapus
  2. dasar kece pang sidin neh, sampai menular ke tulisan aura kece nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banar yang lebih kece nih, aura negatif kah menn

      Hapus
  3. Udah lama nggak ke Pulau Kembang. Ya jadi rindu kampung halaman.

    Btw, itu semua gambarnya sumber dari Google? Bagusnya sih menyertakan kredit situs-nya, bukan Google. Karena Google hanyalah mesin pencari yang berfungsi untuk mengindex halaman maupun gambar. Cheers! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampung halaman yaa haha bagus deh

      foto google cuma ada 3 yang sisanya foto sendiri, oke makasih masukkannya bang. di benerin dahh hehe

      Hapus
    2. Kampung halaman yaa haha bagus deh

      foto google cuma ada 3 yang sisanya foto sendiri, oke makasih masukkannya bang. di benerin dahh hehe

      Hapus
  4. Pengen ke pasar terapungnya, mau beli jeruk, kayaknya seger banget ngeliatnya. Kunjungan baliknya ya di amir-silangit.blogspot.co.id/2015/12/melihat-indahnya-indonesia-dari-selatan.html?m=1

    BalasHapus
  5. nih wisata kayaknya sepaket gitu ya.. habis2 belanja di pasar terapung terus bisa ketemu binatang2 di pulau kembang. terus yg bikin ngiler sih soto banjarnya ini. arghh laparr...lapar

    btw semoga menang ka azmi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa bujur banar, habis sehari isa jua pang wisatanya ni. behh soto banjarnya asa mantap Di ai, kena kita buhan PBB kesanaan amun menang haha

      sipp, mudahan ikm menang jua, ikam juara 2 gin aku juara 1nya wkwkw

      Hapus
  6. terlalu mainstream om.. coba main ke pulau kaget buat liat bekantan. Ane pernah tuh.
    betewe ini yg diikut sertakan buat lomba yach?
    sayang gak ikut, soalnya pernah nulis beginian juga sih taun lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ane pernahnya berkunjung ke tempat2 itu dan udah tahu gimana caranyanya kesana gue tulis lah, tapi ane belum pernah ke pulau kaget, kapan2 kesana dahh hehe

      iyaa untuk lomba tapi sayang masih banyak yang lebih bagus dari pada ini jadinya ngga juara deh.

      Hapus
  7. check list semuanya karena pernah didatangin haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wesss hebat nahh, ngalih buhan rancak bejalan-jalan nih wkwk

      Hapus

 

Pengikut